Deretan Pantai Wisata Indah Sekaligus Menawan di Pacitan Yang Sedang Terkenal 2020


Pantai di Pacitan memang tidak seterkenal pantai di Gunung Kidul. Namun keindahan dan kesejukan alam yang disuguhkan akan menyirih perhatian anda.

Pacitan sendiri terletak di Provinsi Jawa Timur. Meski terletak di di kota kecil, akan tetapi pesonanya tidak kalah indah dibandingkan pantai lainnya yang tersebar di Indonesia.



Di Pacitan ada beberapa pantai yang cocok untuk anda kunjungi di libur panjang maupun weekend.
Berikut deretan pantai indah di Pacitan yang dapat anda kunjungi.



Pantai Wisata Klayar




pantai klayar
Instagram @pantaipacitan



Pantai Klayar adalah salah satu pantai andalan di Kabupaten Pacitan yang terkenal akan keindahannya. Pantai Klayar dihiasi batu karang dan tebing yang mengelilingi menjadi ciri khas pesona pantai ini. Tepatnya di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Pantai pasir putih ini berada..


Jarak dari kota Pacitan hanya 40km ke arah barat, sehingga tidak cukup jauh bagi Anda yang ingin berwisata ke pantai Klayar. Selain keindahannya, Pantai Klayar juga memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya.



ombak di pantai klayar
Instagram @adillaindh

Salah satu keunikan Pantai Klayar yaitu memiliki fenomena air mancur. Hal itu terjadi jika ada ombak besar masuk ke dalam celah batu karang, sehingga air tersebut menyembur ke atas seolah olah air mancur raksasa. Bahkan air yang disemburkan bisa mencapai 10 meter tingginya.

Air mancur dari celah batu karang tersebut menimbulkan suara menyerupai siulan sehingga disebut seruling laut. Suara tersebut adalah momen yang dinantikan para pengunjung saat berwisata ke pantai Klayar sembari menikmati angin yang berhembus.

Pantai Wisata Terbaik Watu Karung




pantai watu karung
Instagram @mane.kurz

Hanya berjarak 12,1 km dari pantai Klayar, terdapat destinasi yang serupa yakni pantai Watu Karung. Air laut yang biru dan karang yang cantik menjadikan keindahan pantai Watu Karung tidak kalah jauh dari pantai Klayar.

Sayangnya akses pantai ini masih terbatas, maksimal hanya untuk kendaraan elf atau mobil pribadi. Namun untuk penginapan di dekat pantai ini tersedia banyak, dari penginapan sederhana hingga hotel berbintang.

Pantai Wisata Keluarga Ngalian




pantai ngalihan
Instagram @ardhaniaji

Pantai Ngalian hanya berjarak hanya 1 km dari pantai Watu Karung. Sehingga karakteristik yang dimiliki pantai ini sama dengan pantai Watu Karung. Hanya saja, jumlah pengunjung di pantai ini lebih sedikit dan bahkan banyak yang mengatakan pantai ini masih perawan karena belum diketahui oleh wisatawan. Selain itu karena masih langka wisatawan yang berkunjung menjadikan pantai ini asri.

Pantai Wisata Tempat Nostalgia Watu Bale




pantai watu bale pacitan
Instagram @budiharjogw

Pantai Watu Bale Pacitan merupakan salah satu deretan pantai di kota Pacitan yang memiliki pemandangan laut cukup menarik untuk dikunjungi.Pantai ini memiliki karakteristik pantai berupa batu karang di sepanjang bibir pantai .

Beberapa Fasilitas pantai Watu Bale antara lain yaitu Toilet, Foto spot, tempat duduk santai dan beberapa fasilitas lainya dan jika Anda membawa anak-anak di harapkan selalu dalam pengawasan orang tua mengingat Pantai Watu Bale berada di atas tebing batu karang dan memiliki ombak laut yang cukup besar.


Pantai Wisata Dengan Air Jernih Biru Teleng Ria




pantai teleng ria
Instagram @agusrianto_sh

Nama Pantai Teleng Ria sebenarnya sudah tidak asing di kalangan wisatawan. Kawasan ini bukanlah pantai baru seperti halnya banyu tibo dan yang lainnya. Inilah pantai klasik yang dimiliki oleh Pacitan yang namanya tidak akan pernah pudar walau banyak tempat wisata yang baru.

Di Pantai Teleng Ria ini ada sebuah batas atau pemisah yang bisa anda lihat saat mengunjungi kawasan ini. Oleh karena itu, nama pantai satu ini adalah teleng ria. Karena, dalam bahasa jawa teleng artinya pemisah.

Bagi anda yang ingin menikmati nuansa malam di kawasan ini juga bisa memilih berbagai penginapan yang sudah tersedia. Seperti resort mewah, hotel, dan juga homestay warga dengan berbagai macam fasilitas dan harga.

Pantai Wisata Banyu Tibo




Pantai Banyu Tibo
Instagram @javascenery

Nama Banyu Tibo sendiri berasal dari bahasa Jawa, yang artinya ‘air jatuh’. Air terjun yang tak kering di musim kemarau ini berasal dari sungai kecil dengan air berwarna bening dan jernih. Di sisi lain, topografi pantai ini sedikit curam. anda perlu menuruni beberapa anak tangga untuk menuju pesisir pantai.

Strukturnya hampir mirip seperti tebing kecil, sehingga anda perlu perjuangan lebih untuk bisa menikmati langsung keindahan 2 objek sekaligus. Sedangkan garis pantainya tidak begitu panjang, karena tertutup tebing-tebing lainnya.


Air terjun yang tidak terlalu tinggi ini sering membuat para wisatawan ingin merasakan kesegaran dengan mandi di bawahnya sembari menatap keindahan pantai di depannya. Tapi anda perlu hati-hati karena ombak pantai selatan cukup besar, sementara jarak bibir pantai dengan air terjun hanya beberapa meter saja.

Pantai Wisata Dengan Goa Indah Srau




pantai srau
Instagram @rafirss

Pantai Srau ini dibentengi deretan pohon kelapa yang melambai di bibir pantai. Pantai Srau dapat juga disebut sebagai palm beach karena nuansa nya yang terasa seperti sedang di pulau-pulau terpencil atau film The Blue Lagoon yang memiliki keasrian. Selain itu lokasi yang masih jarang dikunjungi sehingga kawasan ini masih sejuk dan bersih dari sampah.

Jarak daratan ke garis laut di Pantai ini terbilang sempit karena sebelum daratan sempit dengan pasir coklat yang lembut tersebut terpapar lahan hijau nan asri yang luas dengan berbagai macam pepohonan terutama pohon kelapa yang berjajar seperti benteng penangkal ombak.

Selain itu, Pantai Srau ini juga dikelilingi perbukitan dan batu karang besar sehingga semakin terlihat eksotis.

Pantai ini juga memiliki bongkahan batu karang yang menyerupai jembatan sehingga kealamian Pantai dan seisinya masih benar-benar terjaga. Fasilitas umum yang disediakan hanya berupa kamar mandi terbatas serta deretan rumah makan yang sedikit jauh dengan ikan panjo dan nasi tiwul yang merupakan makanan khas Pacitan tersedia di sini.

Pantai Wisata Eksotis Buyutan




Pantai Buyutan
Instagram @pantaipacitan

Pantai Buyutan termasuk dalam kawasan yang masih sangat alami. Hal ini terbukti dengan hadirnya habitat monyet-monyet nakal yang sering menjahili para wisatawan. Bila beruntung, anda bisa mengajak mereka untuk selfie bersama.

Mungkin inilah salah satu keistimewaan dari kawasan ini. Dimana hadir sumber air tawar yang berasal dari pegunungan. Letaknya tidak jauh dari sabana dan kawasan pantai. Sehingga, anda masih bisa untuk mengunjungi kawasan ini.

Selain menikmati perbukitan dan sabananya yang elok. Anda juga bisa menikmati area pantainya yang sangat menawan, sehingga sangat asik digunakan untuk berenang. Bila ingin berenang harus berhati-hati lantaran banyak karang yang cukup tajam.

Selain karang, yang harus juga diperhatikan adalah ombak yang cukup besar. Mengingat pantai buyutan berada di pesisir laut jawa yang dikenal memiliki ombak super besar dan super membahayakan.

Pantai Wisata Eksotis Pidakan




pantai pidakan
Instagram @piknikpacitan

Pantai Pidakan merupakan salah satu pantai elok di kota Pacitan yang memiliki panorama alam yang cukup menarik untuk anda kunjungi. Pantai ini menjadi lebih istimewa dengan hamparan batu putih di seluruh bibir pantai. Pantai ini berada di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai ini setiap hari ramai dikunjungi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang mengagumi keindahannya. Hal yang sangat unik dari pantai ini adalah sekitar 70 persen daratan pantainya yaitu bebatuan alam  dari berbagai macam jenis dan ukuran, sisanya merupakan pasir putih. Batu tersebutlah yang menjadi salah satu icon Pantai Pidakan ini.

Pantai Wisata Indah Menawan Karang Bolong




Pantai Karang Bolong
Instagram @pacitan.story

Karang Bolong memang bukan lagi nama yang asing karena beberapa pantai dengan ciri khas berupa tebing karst yang berlubang memang sudah cukup terkenal di beberapa daerah di Indonesia. Seperti Banten, Cilacap, Kebumen, hingga Pulau Dewata Bali pun memiliki pantai berciri khas “Karang Bolong” yang tentunya memiliki keunikannya masing-masing.

Selain menikmati pemandangan pesisir pantai yang menawan, Pantai Karang Bolong Pacitan ini juga menyuguhkan keunikan lain bagi anda.



pantai karang bolong pacitan
Instagram @pantaiklayarofficial

Sebuah semenanjung batuan karst yang menjorok ke laut memanjang dari badan Pulau Jawa, dan di bawahnya terbentuklah sebuah lubang raksasa yang cukup besar.

Anda tidak perlu khawatir, karena lubang ini terbentuk secara alami alhasil dari hantaman ombak laut yang terjadi secara terus menerus.

Selain tebing yang menjorok dan membentuk lubang besar, ada satu lagi keunikan yang dimiliki Pantai Karang Bolong yang tentunya akan membuat anda terpukau, yaitu air terjun. Air terjun ini merupakan muara sungai kecil yang berada di dataran dan aliran terputus oleh tebing sehingga airnya langsung jatuh ke laut. Bagi anda yang ingin berkunjung khusus untuk melihat air terjun unik ini maka akan semakin pas untuk berkunjung ketika musim penghujan.

Pantai Wisata Menarik Pangasan




Pantai Pangasan
Instagram @rentalkamerasolo_playcam_solo

Pantai Pangasan terletak di Dusun Kalipelus, Kebonagung, Pruwo, Kalipelus, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Untuk bisa menuju ke wisata pantai ini, anda perlu melewati Fly Over Gayam dari Kota Pacitan. Selanjutnya ikuti saja jalan utama sampai di Gapura Desa Klesem.

Keindahan Pantai Pangasan ini terletak di sisi baratnya. Karena disana terdapat batu yang menjulang tinggi bernama Gunung Lanang dan dapat dibilang menjadi landmark wisata ini.

Area tersebut pun sebenarnya bukan gunung dalam arti sesungguhnya. Tempat itu hanya terlihat seperti tanjung kecil yang terpisah dari daratan.

Di sebelah timur, ada sungai yang menjadi batas dengan wilayah lain.

Ikhtiara Mahreta Perkenalkan nama saya Ikhtiara Mahreta, saya adalah seorang karyawan industri pariwisata, juga lulusan dari salah satu Kampus Pariwisata Negeri di bawah Kementerian Pariwisata yang ada di Indonesia. Saat ini ini kesibukan saya adalah sebagai karyawan industri dan menulis apa saja yang saya ketahui tentang pariwisata.

Belum ada Komentar untuk "Deretan Pantai Wisata Indah Sekaligus Menawan di Pacitan Yang Sedang Terkenal 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel