Daftar Rekomendasi Pantai Goa Cemara Yang Sedang Trend 2020 di Yogyakarta



Pantai Goa Cemara berada di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kec Sanden, Kab Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berlibur di tempat yang indah tak perlu jauh dan mahal. Di Yogyakarta banyak ditemukan tempat wisata yang menjadi incaran saat musim liburan tiba.

Pantai Goa Cemara namanya. Memiliki panorama indah yang dihiasi pohon cemara di tepian. Selain mempercantik, keberadaan pohon cemara menjadikan Pantai ini sejuk dan teduh.




pantai goa cemara yang indah dan sejuk
Instagram @eksotika_jogja

Tiket Masuk Pantai Goa Cemara


KeteranganTarif
Tiket MasukRp5.000
Parkir Roda DuaRp2.000
Parkir Roda EmpatRp5.000
Parkir BusRp15.000



Tiket masuk Pantai Goa Cemara hanya ditarif Rp5.000 per orang. Sangat terjangkau untuk bisa menikmati keindahan dan menjelajahi Pantai Goa Cemara. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenai biaya tambahan untuk retribusi parkir.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor ditarif Rp2.000 per unit dan untuk roda empat atau mobil Rp5.000 per unit. Sedangkan untuk bus dikenai tarif parkir sebesar Rp15.000 per unit.


Rute Menuju Pantai Goa Cemara


Untuk mencapai Pantai Goa Cemara cukup mudah. Dari kota Yogyakarta, arahkan kendaraan ke selatan Pojok Benteng Kulon sampai ke Jalan Bantul. Ikuti jalur sampai menemukan Jalan Samas.

Tidak jauh dari Jalan Samas, Anda akan tiba di Tempat Pembayaran Retribusi (TPR). Sebelum melanjutkan perjalanan, Anda diminta untuk membayar tiket masuk. Setelah itu, Anda akan melewati deretan pantai dan menemukan papan petunjuk arah menuju Pantai Goa Cemara.

Apabila Anda dari arah Gunung Kidul, jarak yang ditempuh kurang lebih 63 km dengan waktu 1,5 jam perjalanan. Anda bisa melalui Jalan Raya Panggang Wonosari kemudian menuju Jalan Wunut. Kurang lebih 1 km belok kiri menuju Jalan Raya Wonosari-Paliyan. Sekitar 4 km perjalanan belok kanan ke Jalan Playen Wonosari.

Ikuti jalan hingga melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, Jalan Panggang Parangtritis, Jalan Samas Kretek dan Jalan Samas Srigading. Ikuti jalan sampai ke Jalan Rajiman dan ikuti papan petunjuk menuju ke Pantai Goa Cemara.


Objek Wisata di Pantai Goa Cemara



Melihat Pemandangan dari Mercusuar


Di Pantai Goa Cemara terdapat mercusuar yang tingginya mencapai 40 meter. Wisatawan diperbolehkan naik ke mercusuar dengan membayar tarif Rp5.000 untuk 2 orang. Melihat pemandangan dari ketinggian tentu akan membuat wisatawan takjub akan ciptaan Tuhan.

Kapasitas lantai paling atas dibatasi hanya untuk 2 orang. Untuk mencapai lantai paling atas membutuhkan tenaga dan mental, karena harus menaiki tangga spiral 6 lantai kemudian tangga vertikal sebagai puncaknya.


Rasa lelah akan langsung terbayar lunas ketika sampai di puncak. Pemandangan indah dari ketinggian bisa dilihat dari berbagai arah. Lautan, bukit, hamparan pohon cemara menjadi kombinasi panorama sempurna.

Tidak lupa mengingatkan untuk selalu berhati hati. Dan bagi pengunjung yang memiliki fobia ketinggian sangat tidak diperkenankan untuk naik sampai puncak.


Upacara Adat di Pantai Goa Cemara


Pantai selatan memang terkenal dengan mitos, tradisi dan budayanya. Di pantai Goa Cemara juga terdapat tradisi berupa upacara adat yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Muharram atau 1 Suro.

Masyarakat melaksanakan upacara dengan cara mengarak boneka berbentuk kambing yang kemudian disebut dengan Kendhit. Arakan boneka diiringi dengan kirab budaya yang berupa hasil bumi sebagai rasa syukur.

Meski zaman sudah modern, namun masyarakat setempat masih melakukan ritual nenek moyang sebagai warisan budaya yang perlu dilestarikan. Disisi lain, ritual 1 suro menjadi daya tarik bagi wisatawan luar daerah untuk menyaksikan atau turut serta dalam upacara. Tak heran, saat itu jumlah kunjungan akan meningkat drastis.


Hamparan Pohon Cemara




hamparan pohon cemara yang rindang dan sejuk
Instagram @pantai_goacemara

Terdapat sekitar 6000 lebih pohon cemara udang yang memadati area pantai seluas 20 hektar. Banyaknya pohon cemara inilah yang kemudian dijadikan nama Pantai indah ini. Tak heran jika suasana pantai sejuk sehingga sangat nyaman untuk berteduh maupun beraktivitas.

Area Pohon Cemara menjadi salah satu spot favorit bagi pengunjung untuk berfoto. Berfoto dengan latar belakang pohon dan pantai akan menghasilkan kombinasi apik. Selain itu, area ini sangat cocok untuk piknik bersama keluarga.


Menggelar tikar, membuka bekal, makan bersama dengan keluarga dibawah pohon cemara tentu akan menjadikan liburan Anda makin ceria.


Berkemah di Pantai Wisata Goa Cemara


Pantai Goa Cemara yang memiliki suasana sejuk nan luas kerap dimanfaatkan pengunjung untuk berkemah. Bermalam dalam tenda di tepi pantai menyalakan api unggun dan bercengkrama dengan teman teman tentu akan terasa syahdu.


Naik ATV dan Berkuda di Pantai Wisata Goa Cemara


Persewaan ATV dan jasa berkuda saat ini sudah banyak ditemui di beberapa Pantai, tidak terkecuali Pantai Goa Cemara. Wisatawan bisa mencoba berkeliling area pantai menaiki ATV atau berkuda.

Bagi yang belum pernah mencobanya, tak perlu khawatir karena akan diberi petunjuk cara mengemudikan ATV. Begitu juga saat berkuda untuk pertama kalinya, karena Anda akan tetap didampingi.


Penginapan di Sekitar Pantai Goa Cemara


Berikut adalah beberapa penginapan di sekitar Pantai Goa Cemara sebagai referensi. Lebih lengkapnya, Anda bisa menggunakan google untuk mencari informasi lebih lanjut.


Puri Brata Resort & Galery




penginapan di pantai goa cemara yogyakarta
Instagram @puribrataresort

Puri Brata Resort & Galery berada Jl Samas Kuwaru, Kalimundu, Gadingharjo, Sanden, Bantul, DIY. Jarak dari Pantai ke penginapan sekitar 6,3 km atau bisa ditempuh dalam waktu 13 menit perjalanan. Tarif menginap sekitar Rp600.000 per malam.


Losmen Alden


Losmen Alden berada di Jalan Parangtritis, Mancingan, Kretek, Bantul, DIY. Jarak dari Pantai kurang lebih 14 km atau bisa ditempuh dalam waktu 26 menit perjalanan. Tarif menginap sekitar Rp145.483 per malam.


Losmen Mekar Melati


Losmen Mekar Melati berada di Jalan Parangtritis, Panggang Km.01, Watu Gajah, Girijati, Purwosari, Gunung Kidul, DIY. Jarak dari Pantai ke penginapan kurang lebih 17 km atau ditempuh dalam waktu 30 menit.


Tempat Wisata Terdekat dengan Pantai Goa Cemara


Banyak sekali objek wisata menarik di sekitar Pantai Goa Cemara yang patut dikunjungi. Berikut beberapa objek wisata yang bisa menjadi referensi tujuan wisata selanjutnya.


Pantai Wisata Pandansari




tempat wisata di yogyakarta
Instagram @juliana_rahmawati

Pantai Pandansari letaknya bersebelahan persis sehingga sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Pantai dengan pasir berwarna hitam, memiliki suasana sejuk, dan panorama yang indah. Jarak tempuh dari pantai Goa Cemara hanya 8 menit perjalanan.


Pantai Wisata Samas




tempat wisata di yogyakarta
Instagram @jockgordon

Di Dodogan, Srigading, Sanden, Bantul, DIY, terdapat pantai Samas yang menawan. Pantai yang menawarkan kesejukan dan ketenangan cocok untuk menghilangkan penat dari rutinitas pekerjaan. Tidak terlalu ramai dan masih asri. Jarak tempuh kurang lebih 11 menit dari Pantai Goa Cemara.


Pantai Wisata Patihan


Pantai Patihan berada di Wonorejo II, Srigading, Sanden, Bantul, DIY. Untuk sampai ke Pantai ini Anda hanya membutuhkan waktu 2 menit perjalanan dari Pantai Goa Cemara. Pantai ini masih belum dikelola sehingga tidak ada tiket masuk alias gratis.


Tips Untuk Berwisata ke Pantai Goa Cemara


Waktu terbaik berwisata ke Pantai Goa Cemara adalah ketika musim kemarau. Jika tidak ingin mendapatkan suasana yang sedikit tenang atau tidak terlalu ramai, datanglah selain hari libur.

Akan lebih fleksibel jika menggunakan kendaraan pribadi. Bawalah perlengkapan fotografi untuk mengabadikan momen saat berlibur. Jagalah kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Selalu patuhi aturan yang ada.

Ikhtiara Mahreta Perkenalkan nama saya Ikhtiara Mahreta, saya adalah seorang karyawan industri pariwisata, juga lulusan dari salah satu Kampus Pariwisata Negeri di bawah Kementerian Pariwisata yang ada di Indonesia. Saat ini ini kesibukan saya adalah sebagai karyawan industri dan menulis apa saja yang saya ketahui tentang pariwisata.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Rekomendasi Pantai Goa Cemara Yang Sedang Trend 2020 di Yogyakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel