Temukan Sejuta Keindahan Alam Pantai Wisata Pandawa Yang Ada di Pulau Bali


Pantai Pandawa adalah salah satu pantai di Pulau Bali yang menjadi incaran wisatawan baik lokal maupun mancanegara

Pada awalnya, Pantai Pandawa digunakan sebagai tempat upacara adat Melasti. Namun sejak adanya akses yang mempermudah pengunjung, Pantai ini dijadikan tempat wisata. Hingga saat ini, ritual Melasti ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Pantai Pandawa.



Selain dikenal masih asri dan bersih, pantai Pandawa dikenal dengan julukan secret beach. Hal ini dikarenakan letak pantai yang berada di balik tebing tebing tinggi yang ditumbuhi semak belukar.

Ada juga latar tebing yang dipahat membentuk patung Tokoh Pandawa Lima, yaitu Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Ini menjadikan khas Pantai Pandawa yang tidak dimiliki Pantai lainnya.



pantai di bali yang wajib dikunjungi saat berlibur di bali
Instagram @fidabalitou


Harga Tiket Masuk Ke Pantai Wisata Pandawa Bali



KeteranganHarga Tiket
Per Orang DewasaRp8.000
Parkir Roda DuaRp2.000
Parkir Roda EmpatRp5.000



Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Pandawa, pengunjung diwajibkan membeli tiket masuk senilai Rp8.000 per orang. Sedangkan untuk parkir dikenakan biaya Rp5.000 tiap roda empat, dan Rp2.000 tiap roda dua. Cukup murah untuk menikmati keindahan pantai unik yang ada di Bali ini.

Rute Menuju Pantai Wisata Pandawa




pantai pandawa
Instagram @sarahmldh_

Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh Kecamatan Kutu Selatan, Badung, Provinsi Bali. Jarak Pantai Pandawa dari Bandara Internasional Ngurah Rai kurang lebih 18 km. Sayangnya, belum ada transportasi umum untuk menuju Pantai Pandawa, sehingga disarankan untuk menyewa atau membawa kendaraan pribadi.

Dari Bandara membutuhkan waktu sekitar 39 sampai 45 menit untuk sampai ke Pantai Pandawa. Selanjutnya, dari Bandara langsung menuju bundaran. Pilih jalur kanan dengan melewati jalan By Pass Ngurah Rai.

Ikuti jalan sampai bertemu perempatan lalu belok kiri menuju Jalan Goa Gong. Lurus terus sampai melewati gang ke – 3 kemudian belok kiri. Ikuti jalan Goa Gong sampai pertigaan lalu belok kiri lagi sampai menemukan jalan Dharmawangsa.

Kemudian belok kanan menuju Jalan Melasti II sampai bertemu dengan bundaran. Dari Bundaran, Anda sudah bisa melihat pintu masuk Pantai Pandawa.

Objek Wisata Pantai Pandawa






objek wisata pantai pandawa bali
Instagram @tatianabouche

Memiliki panorama yang indah dan bersih, inilah alasan mengapa Pantai Pandawa menjadi salah satu Pantai yang rekomendasi atau wajib dikunjungi saat berlibur ke Bali. Meskipun saat ini sudah ramai pengunjung, namun jarang terlihat sampah tercecer.



Salah satu faktornya adalah tidak adanya pedagang asongan yang berjualan di area Pantai. Pengelola Pantai Pandawa menyediakan resto atau space kuliner untuk wisatawan di lokasi. Sehingga, tidak perlu khawatir jika lapar melanda. Dengan demikian, pengelolaan sampah menjadi lebih teratur dan Pantai tetap bersih.

Pantai Pandawa memiliki spot untuk menikmati sunrise yang memikat di pagi hari. Matahari yang terbit dari arah timur dan diiringi udara segar, akan menambah keceriaan saat berlibur.

Pijat Tradisional di Pantai Wisata Pandawa




pijat tradisonal pantai pandawa
Instagram @wisatabali.info

Ada cara yang asyik untuk menikmati keindahan Pantai Pandawa, yaitu dengan pijat tradisional. Selain memanjakan mata, Anda juga bisa memanjakan badan setelah lelah seharian berlibur atau selama perjalanan.

Dengan menggunakan bangku kayu dan payung besar di tepian pantai, Jasa Pijat dikenai tarif mulai dari Rp50.000-Rp130.000. Dengan tarif Rp50.000 pelayanan yang diberikan adalah pijat pada bagian punggung saja atau back massage, sedangkan tarif Rp130.000, untuk semua bagian badan.

Tempat Makan di Pantai Wisata Pandawa




bersantai di pantai pandawa bali
Instagarm @emtetour

Di Pantai Pandawa menyediakan restaurant yang menyediakan berbagai menu masakan, mulai dari Western dan Asia. Untuk Western menu ada burger dan steak. Sedangkan untuk Asian menu ada nasi goreng dan mie goreng.


Tentunya tidak ketinggalan menu wajib di Pantai yaitu seafood ,seperti udang, lobster, kepiting, berbagai macam ikan laut, kerang, dan sejenisnya. Jenis olahan pun bermacam macam ada yang dibakar, digoreng atau dimasak asam manis, asam pedas, atau saus tiram.

Bagi yang tidak ingin makan berat, kelapa muda atau rujak khas bali bisa menjadi alternatif. Tidak terlalu kenyang namun bisa mengganjal perut selama di Pantai Pandawa.

Kano dan Surfing Pantai Wisata Pandawa




sewa perahu kano di pantai pandawa bali
Instagram @vivawisata

Bagi Anda yang kurang puas jika hanya menikmati pantai dari tepian, ada pilihan menarik untuk beraktivitas yaitu kano dan surfing. Bagi sebagian besar turis-lah yang menggemari olahraga air ini, tapi tidak jarang pula wisatawan domestik yang mencobanya.

Dengan tarif sewa kano mulai dari RP25.000 – Rp50.000, Anda bisa menikmati secara langsung air laut biru yang indah. Sedangkan untuk berselancar atau surfing, ombak di Pantai Pandawa cukup oke dalam memacu adrenalin.

Paralayang Pantai Wisata Pandawa




paralayang di bukit pandawa bali
Instagram @nanangtravel

Bagi yang ingin merasakan sensasi baru saat berlibur di Pantai, Anda bisa menjajal olahraga paralayang. Tidak jauh dari Pantai Pandawa, tepatnya di Bukit Timbis, terdapat jasa paralayang yang sudah bersertifikat.

Untuk jasa paralayang sendiri tarif yang dibanderol sekitar Rp450.000 per-orang. Menikmati keindahan pantai dari ketinggian akan menjadikan pengalaman liburan Anda menjadi lebih berkesan.

Penginapan di Sekitar Pantai Pandawa


Jika Anda memutuskan untuk menginap di sekitar Pantai Pandawa, ada beberapa penginapan terdekat yang rekomendasi.

Timbis Homestay Bali Pantai Wisata Pandawa




Timbis Homestay Bali
Instagram @timbishomestaybali

Berada di Jalan Gunung Payung 10 Kutuh Kuta Selatan, 80361 Nusa Dua, Timbis Homestay Bali menawarkan penginapan dengan Wi-Fi gratis dan kolam renang outdoor di Nusa Dua.

Semua kamar sudah dilengkapi AC, kamar mandi pribadi, dan balkon dengan pemandangan taman. Dari pantai Pandawa, penginapan ini hanya berjarak 1,5 km. Bandara Internasional Denpasar Bali terletak sejauh 17 km.

The Umah Pandawa Hotel and Villas Pantai Wisata Pandawa




theumahpandawahotel
Insdtagram @theumahpandawahotel

Beralamat di Jl. Dharmawangsa No.42, Ungasan, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali ,The Umah Pandawa Hotel and Villas menawarkan penginapan dengan teras untuk berjemur.  Penginapan ini hanya berjarak 4 km dari Pantai Pandawa dan 9 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Fasilitas kamar yang disediakan diantaranya TV layar datar, dapur dengan mesin pencuci piring dan oven. Adapun layanan antar jemput dari Bandara dan Wi-fi.

Terdapat kolam renang dan juga penyewaan kendaraan bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata yang ada di sekitar penginapan. Tarif untuk menginap semalam mulai dari Rp300.000 – Rp1 juta ke atas.

Puri Pandawa Resort Pantai Wisata Pandawa




Puri Pandawa Resort
Instagram @veselyi_toha

Puri Pandawa Resort berjarak 17 km dari Pantai Suluban Uluwatu dan 17 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Tepatnya berada di Jl. Pantai Pandawa, Banjar Jaba Pura, Kutuh, Kuta Selatan. Puri Pandawa Resort menyediakan fasilitas kamar AC yang dilengkapi TV satelit layar datar, mesin pencuci piring, teko, shower, pengering rambut, dan meja.

Adapun fasilitas tambahan seperti kolam renang outdoor, free Wi-Fi, serta taman.Hotel bintang 4 ini juga memiliki teras lengkap dengan pemandangan kota. Anda bisa menikmati semua fasilitas tersebut dengan tarif mulai dari Rp700.000 – Rp900.000.

Indigo Dream Villa Pantai Wisata Pandawa




indigo dream villa
Instagram @pratham_thexplorer

Hanya berjarak 15 km dari bandara, Indigo Dream Villa menawarkan akses mudah ke destinasi yang rekomendasi di Bali. Beralamat di Jalan Karang Tinggi, Banjar Jaba Pura, Kutuh, Ungasan, South Kuta, Badung Regency, Bali, Indigo Dream Villa menawarkan fasilitas penginapan berkelas.

Fasilitas hotel yang tersedia yaitu, WiFi gratis di semua kamar, Wi-fi, parkir mobil, layanan kamar, antar-jemput bandara. Penginapan ini hanya memiliki 6 kamar tidur yang dirancang dengan citarasa tinggi.

Adapun fasilitas tambahan seperti kolam renang luar ruangan, pijat, taman, untuk membantu Anda bersantai setelah sepanjang hari beraktivitas di kota. Tarif per malam mulai dari Rp1 Juta hingga Rp2,5 juta ke atas.

Tempat Wisata Terdekat  Pantai Wisata Pandawa


Ada banyak sekali destinasi wisata di sekitar Pantai Pandawa yang bisa Anda kunjungi. Berikut beberapa tempat wisata sekitar pantai pandawa yang dapat melengkapi saat berlibur ke Bali.

Pesawat Bengong (Abandoned Aircraft) Pantai Wisata Pandawa




Pesawat Bengong (Abandoned Aircraft)
Instagram @mandalaaircraft_

Tepat sebelum pantai Pandawa, disebelah kiri jalan terdapat sebuah “bangkai” pesawat yang konon katanya akan disulap menjadi sebuah sebagai restoran seperti aero park keramas. Namun hingga kini pengerjaan belum selesai.

Tempat Wisata yang dikenal dengan abandoned aircraft ini mampu menarik para wisatawan untuk berfoto. View anti mainstream dari atas tebing dengan latar belakang pesawat yang terparkir dikelilingi bukit-bukit kapur di sisi-sisinya menjadikan komposisi apik dalam foto.

Taman Budaya Gunung Payung Pantai Wisata Pandawa




Taman Budaya Gunung Payung
Instagram @ailana.ai

Dari objek wisata Pesawat Bengong, arahkan kendaraan Anda ke jalan Gunung Payung yang merupakan tempat suci umat hindu. Saat ini kawasan sekitar pura Gunung Payung diubah menjadi sebuah taman Budaya yang disebut Taman Budaya Gunung Payung atau Gunung Payung Cultural Park.

Selain terdapat pura di Taman Budaya, letaknya yang berada di atas Pantai Gunung Payung ini menyuguhkan pemandangan indah laut lepas dari ketinggian.

Pantai Green Bowl Pantai Wisata Pandawa




pantai green bowl wiasata Bali
Instagram : @inainu.id

Pantai Green Bowl merupakan pantai kedua yang dekat dengan pantai Pandawa. Pantai ini memiliki 3 sebutan, yakni pantai Batu Pageh, Pantai Green Bowl, dan Pantai Bali Cliff.

Untuk menikmati keindahan pantai Green Bowl dari jarak dekat, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga. Hal ini dikarenakan letak pantai Green Bowl yang dikelilingi batu karang yang tinggi.

Di pantai ini Anda bisa menyaksikan sunset atau matahari terbenam pada sore hari, atau bermain selancar. Di pantai ini juga terdapat gua yang bisa digunakan untuk berteduh pada siang hari atau sekedar sebagai background foto.

Pantai Melasti Pantai Wisata Pandawa




pantai melasti
Instagram @tarinaminusta

Banyak yang mengatakan pantai Melasti adalah kembaran pantai Pandawa. Hal ini karena karakteristik yang dimiliki hampir sama dengan pantai Pandawa. Bedanya dengan pantai Pandawa adalah jumlah pengunjung yang belum terlalu banyak. Sehingga di pantai Melasti masih sepi karena pantai ini belum lama dibuka.

GWK Pantai Wisata Pandawa




GWK bali
Instagram @baliforum

Salah satu objek wisata yang sudah terkenal di Bali salah satunya adalah Garuda Wisnu Kencana (GWK). Disini Anda akan melihat hasil karya seni patung super besar yakni patung Dewa Wisnu yang menjadi ikon pariwisata Bali dan bisa dijadikan background foto.

Di kawasan ini juga tersedia tempat penjualan souvenir Bali dan merchandise GWK serta restoran. Ada pula pentas seni tari kecak setiap sore dan dapat dinikmati dengan gratis.

Tips Berwisata di Pantai Pandawa 




tips berlibur ke pantai panadawa bali
Instagram @unclenormz

Keindahan alam yang ditawarkan saat berlibur ke pantai Pandawa seperti tidak ada habisnya. Bahkan saat masih dalam perjalanan menuju pantai, Anda sudah disuguhkan pemandangan tebing alam yang kokoh dengan panorama laut dari kejauhan.

Belum lagi banyaknya objek wisata yang ada di sekitaran pantai Pandawa. Akan sangat disayangkan bila Anda berkunjung hanya satu hari. Maka sebaiknya, siapkan waktu agar bisa libur panjang menikmati semua keindahan dengan pengalaman yang tidak terlupakan.

Akan lebih hemat dengan menggunakan kendaraan pribadi jika ingin berlibur dengan rombongan. Namun jika hanya berdua atau pribadi tanpa harus lelah menyetir, di sekitar objek wisata banyak yang menyewakan kendaraan.

Dan yang terpenting siapkan perlengkapan untuk berfoto, kamera atau smartphone tentunya dengan space memory yang banyak ya. Karena banyak spot foto menarik yang akan sangat disayangkan jika tidak diabadikan. Baiklah, selamat berlibur.

Ikhtiara Mahreta Perkenalkan nama saya Ikhtiara Mahreta, saya adalah seorang karyawan industri pariwisata, juga lulusan dari salah satu Kampus Pariwisata Negeri di bawah Kementerian Pariwisata yang ada di Indonesia. Saat ini ini kesibukan saya adalah sebagai karyawan industri dan menulis apa saja yang saya ketahui tentang pariwisata.

Belum ada Komentar untuk "Temukan Sejuta Keindahan Alam Pantai Wisata Pandawa Yang Ada di Pulau Bali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel