Inilah Deretan Rekomendasi Tempat Wisata Pantai Ngliyep



Pantai Ngliyep Kab. Malang, Jawa Timur yang memiliki pemandangan indah dan pasir putih yang halus.

Di pantai ini, terdapat sebuah gunung yang bernama Gunung Kumbang. Menurut warga sekitar gunung ini adalah tempat favorit Nyi Roro Kidul saat berkunjung ke pantai ini. Menurut mitos yang beredar sebelum menjadi ratu, ia bertapa terlebih dahulu di sini.

Selain itu, di pantai ini selalu diselenggarakan ritual labuhan untuk melarungkan sesaji kepada ratu pantai selatan.

Ada juga mitos lain soal Bukit Cinta yang terletak di sebelah kiri hamparan pasir Pantai



pasir halus pantai ngliyep
Instagram @like_surabaya




Ngliyep. Bukit ini tak terlalu tinggi, namun pemandangan dari atas bukti sangat indah. Bukit Cinta Kasih diyakini menjadi tempat yang ajaib bagi muda-mudi yang belum menjalin ikatan. Jika mereka mampu naik ke puncak bukit, dipercaya oleh warga sekitar kelak akan berjodoh.

Entah mitos ini datang dari mana asalnya. Yang jelas, hal ini sudah menjadi cerita dari mulut ke mulut yang beredar di antara pengunjung. Mungkin memang ada legenda di balik mitos tersebut.



Rute Perjalanan Menuju Pantai Ngliyep


Letak Pantai indah ini sangat mudah di jangkau. Pantai Ngliyep terletak di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur.



keindahan batu karang pantai ngliyep
Instagram @malang_kipailakes

Pantai Wisata Ngliyep Dari pusat kota Malang


Dari pusat Kota Malang, silakan anda langsung mengambil rute ke arah Karang Kates atau Kepanjen. Setelah itu, ikuti jalan besar, lurus saja menuju daerah Pagak. Dari Pagak, ambil jalan ke Donomulyo, dari situ sudah ada papan penunjuk jalan yang mengarahkan anda menuju ke Pantai Ngliyep.

Pantai Wisata Ngliyep Dari kota Sidoarjo


Dari Sidoarjo, Surabaya, atau Pasuruan maka anda harus menuju Kota Malang terlebih dahulu. Lalu ikuti jalan seperti petunjuk yang sudah dijelaskan di atas. Pasuruan / Surabaya / Sidoarjo – Kota Malang – Karangkates – Pagak – Donomulyo – Pantai Ngliyep.

Perjalanan dengan kendaraan pribadi tetap menjadi pilihan yang direkomendasikan. Namun, jika anda berasal dari luar provinsi atau melakukan backpacker, anda bisa menyewa motor atau mobil dari Kota Malang. Atau, bisa juga dengan menggunakan angkutan umum. Stasiun Kepanjen – berjalan ke Jl. A.Yani – Angkutan jalur GN 1 atau jalur GN 2.

Objek Wisata Pantai Ngliyep


Pasir pantai yang putih dan juga lembut membuat pengunjung Pantai Ngliyep selalu ramai. Apa lagi semilir angin pantai dan suara deburan ombak yang akan menenangkan wisatawan. Bahkan bagi anda yang ingin mendirikan tenda di pantai menawan satu ini pun juga bisa.

Berikut beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan di pantai ini.

Mengexplore Bukit Pantai Wisata Ngliyep




Mengexplore Bukit di pantai ngliyep
Instagram @ngliyep_beach

Bukit ini juga sering dijadikan spot selfie andalan. Tidak membutuhkan perjuangan yang melelahkan untuk sampai di puncak bukit dan berfoto. Tapi begitu kaki berpijak di atasnya, dengan suara gemuruh ombak yang menerpa karang, nyali pengunjung bisa ciut.

Namun pemandangan yang ditawarkan benar benar mempesona, anda tidak akan menyesal setelah sampai di atas bukit karang ini.

Hunting Foto Pantai Wisata Ngliyep




Hunting Foto di pantai ngliyep
Instagram @bromocreative

Pantai Ngliyep merupakan salah satu pantai yang cocok untuk hunting foto milkyway. Jika ingin mengambil foto milkyway anda harus menginap di pantai ini.

Selain itu tempat ini juga sangat instagramable. Tak jarang pantai ini dijadikan tempat untuk melangsungkan foto prewedding.

Camping Pantai Wisata Ngliyep




camping di pantai ngliyep
Instagram @much_husni

Untuk anda yang ingin bermalam di Pantai Ngliyep cukup membawa peralatan camping, karena di pantai ini tersedia area untuk camp.

Pantai ini juga sering digunakan untuk acara berkemah, malam keakraban dan yang lainnya. Namun jangan lupa untuk izin ke pengelola Pantai Ngliyep jika anda ingin camping di tempat ini.

Bagi Pengunjung yang tidak ingin tidur di tenda, tetap ada alternatif. Pengunjung tetap bisa menikmati suasana malam di pantai dengan menyewa penginapan. Harga sewa penginapan bervariasi. Kisarannya dari Rp 100.000,00 sampai Rp 200.000,00 per malam. Perbedaan harga ini tergantung dengan fasilitas yang didapat.

Wisata Budaya Pantai Wisata Ngliyep




Wisata Budaya pantai ngliyep
Instagram @gus.yoel

Tidak sekedar untuk wisata pantai saja, disini anda juga bisa sekaligus melakukan wisata budaya. Sayangnya hanya pada hari tertentu saja. Seperti setiap tanggal 14 Rabiul awal. Di pantai tersebut selalu diadakan sebuah ritual Labuhan yang wajib dilakukan sejak zaman nenek moyang.

Jika beruntung Anda akan mendapatkan makanan dari acara tersebut sebagai berkat.

Selain itu, ada juga kesenian jaranan atau jathilan sebagai rangkaian acara dari Labuhan. Disertai dengan arak–arakan sesaji yang dibawa menuju ke Gunung Kombang yang letaknya tidak jauh dari pantai. Anda bisa mengikuti dengan berjalan di belakangnya.

Penginapan di Sekitar Pantai Ngliyep


Jika anda tidak membawa peralatan camping namun ingin menginap anda bisa memilih beberapa penginapan berikut.

Hotel Tugu Blitar Pantai Wisata Ngliyep




Hotel Tugu Blitar
Instagram @enjoy.blitar

Alamat : Jln. Merdeka 173, Blitar 66111, Indonesia. 42,8 km dari Pantai Ngliyep.


Fasilitas : AC, Sarapan gratis, Penyewaan sepeda, TV

Harga : Rp. 450.000

The Balava Hotel Pantai Wisata Ngliyep




The Balava Hotel
Instagram @kina_tour

Alamat : Jl. Kol Sugiono no. 6, Malang 65134, Indonesia. 48,9 km dari Pantai Ngliyep.

Fasilitas : AC, TV, Kolam renang, Bathtub/shower

Harga : Rp. 420.000

Istana Laut 1 Pantai Wisata Ngliyep


Alamat : Jalan Lintas Selatan (Pantai Batu Bengkung), Donomulyo, Malang, Jawa Timur. 4.59 km dari Pantai Ngliyep

Fasilitas : Teras, Area parkir, TV

Harga : Rp. 300.000

Wirojoyo Homestay Pantai Wisata Ngliyep


Alamat : Jl. Pantai Wisata Balekambang 0 KM, Desa.Srigonco KEC. Bantur, KAB. Malang (Pantai Malang selatan ) Jawa Timur, Bantur, Malang, Jawa Timur. 12.44 km dari Pantai Ngliyep

Fasilitas : Ruang tamu, Kipas angin, Teras, 3 Kamar

Harga : Rp. 1.600.000

Penginapan Wibisono II Pantai Wisata Ngliyep




Penginapan Wibisono II
Instagram @info_properti_mobil_travelling

Alamat : Jl. Pantai Wisata Balekambang 0 Km, Desa Srigonco – Kec. Bantur Kab Malang, Bantur, Malang, Jawa Timur. 12.44 km dari Pantai Ngliyep

Fasilitas : Teras, Kipas angin, Area parkir yang luas

Harga : Rp. 281.000

Tempat Wisata Sekitar Pantai Ngliyep


Selain Pantai Ngliyep ada juga beberapa pantai lainnya di sekitar sini. Berikut beberapa tempat wisata sekitar Pantai Ngliyep.

Pantai Teluk Putri




pantai teluk putri
Instagram @malang_mbois

Pantai Teluk Putri tidak jauh dari Pantai Ngliyep jadi kedua patai in mirip, dari pasir pantai putih, tebing karang di sekitar pantai bahkan pantai ini juga dapat digunakan untuk camping.

Di Pantai Teluk Putri juga bisa anda gunakan untuk hunting foto ala instagramable

Untuk dapat menyelusuri pantai ini anda harus melalui batuan karang yang tajam. Akan tetapi, keindahan yang akan anda lihat sebanding dengan perjalanan yang anda tempuh ini.

Pantai Pasir Panjang




pantai pasir panjang
Instagram @yoiki_malang

Ombak di pantai ini terbilang cukup besar, jika anda berkunjung ke pantai ini dan ingin berenang maka harus hati hati. Dulu, Pantai Pasir Panjang ini sangat populer, melebihi Pantai Balekambang Dan Pantai Sendang Biru.

Pantai Pasir Panjang terbuka untuk wisatawan sejak tahun 1951. Dengan ciri khas pasir putih yang halus serta ombaknya yang menggulung indah ke tepian.

Pantai Watu Lawang




pantai watu lawang
Instagram @pantai.jogja

Nama Pantai Watu Lawang berasal dari kata Watu yang artinya batu dan Lawang yang artinya pintu. Nama ini sesuai dengan keadaan Pantai Watu Lawang, karena pada bagian dinding karang yang menjorok ke laut terdapat sebuah gua dengan mulut goa berbentuk seperti pintu.

Pantai ini terbagi menjadi dua area, di sebelah barat terdapat batu karang besar yang salah satu dindingnya terdapat goa. Sedangkan sisi timur memiliki batuan karang yang lebih kecil namun memanjang.

Yang unik dari pantai ini adalah adanya cekungan cekungan yang jika digenangi air laut akan membentuk seperti kolam.

Pantai Goa Pathuk ilang




Pantai Goa Pathuk ilang
Instagram @rifkydoglekk

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki gua petruk yang sampai saat ini masih digunakan sebagai tempat ritual agama tertentu. Di pantai ini anda dapat mendirikan tenda dan menikmati malam yang indah ditemani suara gemuruh ombak yang menabrak karang.

Pantai ini sangat tenang dan memiliki beberapa pohon kelapa yang melambai lambai. Warna warni karang yang mempesona akan mudah dilihat saat air surut.

Gunung Kumbang




pantai kumbnag
Instagram @amazingmalang

Tidak jauh dari muara sungai dan Pantai Teluk Putri terdapat sebuah makam yang di keramatkan. Yaitu makam Gunung Kumbang yang biasanya ramai oleh peziarah dari berbagai daerah. Biasanya makam ini ramai pada hari hari besar umat islam, seperti Hari Maulid.

Bahkan akan lebih ramai ketika acara ritual Upacara Labuhan. Ritual ini dilakukan oleh masyarakat Kedung Salam dengan membawa beraneka ragam sesaji hasil bumi yang kemudian diarak dari pesanggrahan Ngliyep menuju Gunung Kombang yang jaraknya kurang lebih 300 meter melalui sebuah jembatan. Masyarakat yang mengikuti upacara adat ini berpakaian adat wilayah tersebut.

Tips Berkunjung ke Pantai Ngliyep




pantai ngliyep
Instagram @ayodolenmalang_

Pantai Ngliyep menjadi destinasi wisata alam yang bisa anda kunjungi. Berikut tips yang bisa kami bagikan untuk anda.


  1. Jika anda ingin berkunjung dan menikmati pantai yang sepi anda bisa berkunjung pada hari-hari aktif yaitu senin hingga jum’at. Namun jika anda ingin datang di keramaian pengunjung anda bisa berkunjung pada akhir pekan atau hari-hari libur lainya,

  2. Usahakan membawa beberapa barang seperlunya saja seperti keperluan untuk camping jika anda memang berminat untuk menginap di lokasi pantai,

  3. Bawalah plastik besar untuk digunakan sebagai wadah sampah anda,

  4. Sangat perlu diperhatikan untuk menjaga lingkungan dan kebersihan yang ada.

Selamat berlibur dan tetap jaga kebersihan.


Ikhtiara Mahreta Perkenalkan nama saya Ikhtiara Mahreta, saya adalah seorang karyawan industri pariwisata, juga lulusan dari salah satu Kampus Pariwisata Negeri di bawah Kementerian Pariwisata yang ada di Indonesia. Saat ini ini kesibukan saya adalah sebagai karyawan industri dan menulis apa saja yang saya ketahui tentang pariwisata.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Deretan Rekomendasi Tempat Wisata Pantai Ngliyep"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel